4 Tips Praktikal untuk Menggunakan Alat Berat

25 Feb

4 Tips Praktikal untuk Menggunakan Alat Berat

Saat ini, banyak sekali pekerjaan konstruksi yang sedang berlangsung di Indonesia; pelebaran jalan, penambahan jalur tol, pembangunan MRT dan berbagai pembangunan lainnya berlangsung serempak dan dijalankan begitu cepat. Pembangunan tersebut tentu berdampak pada meningkatnya kemacetan sehingga tentunya para pekerja pun butuh untuk membuat pekerjaannya untuk selesai lebih cepat tanpa mengorbankan kualitas dari hasil kerjanya.

Salah satu cara yang bisa dijalankan adalah dengan menggunakan/megoperasikan alat berat dengan baik. Berikut adalah 4 tips praktikal yang bisa dijalankan ketika Anda bekerja menggunakan alat berat.

1. Baca Buku Panduan Sebelum Mengoperasikan Alat Berat

Berbagai hal penting mengenai keselamatan teradapat pada buku panduan alat berat. Sangatlah penting bagi operator untuk membaca buku panduan dan memperhatikan setiap poin keselamatan yang ada di dalamnya. Jika tidak, resiko kecelakaan yang sangat berbahaya bisa meningkat. Membaca buku panduan tentu bukan hanya tugas para operator alat berat yang masih baru, bukan?

2. Merawat Alat Berat dengan Baik

Alat berat dan attachment yang digunakan untuk menjalankan proyek penghancuran bangunan harus berada dalam keadaan terlumasi dengan baik dan juga terawat. Sebelum menggunakan alat berat dan attachmentnya, Anda harus melumasi mesin dengan baik sehingga mesin dapat terlindungi dengan baik dan tidak memberikan performa yang buruk. Spesifikasi yang tercantum pada kemasan alat harus diperhatikan untuk mendapatkan hasil maksimal.

Hal lain yang perlu diingat oleh operator adalah untuk menjaga agar alat berat dan attachmentnya agar tidak berkarat karena karat pada mesin dapat menurunkan performa kerja mesin secara signifikan.

3. Kombinasi yang Baik Antara Operator dan Alat Berat

Berbagai alat berat dan juga attachment seperti yang ditawarkan oleh T&H Indonesia sebaiknya digunakan oleh operator yang berpengalaman. Jika tidak, ada kemungkinan di mana alat berat dan attachmentnya tidak digunakan dengan cara sebaik mungkin. Menggunakan alat berat dan attachmentnya seperti hydraulic breaker memerlukan tingkat pengetahuan tertentu. Intstruksi tertulis memang sudah ada, namun pengalaman langsung dalam menggunakannnya adalah hal yang berbeda.

4. Mengecek Area Kerja Sebelum Mengoperasikan Alat Berat

Mengecek area kerja di mana alat berat akan digunakan juga sangat penting. Hal ini memungkinkan alat berat untuk bekerja pada area yang optimal. Operator harus melihatnya langsung sehingga alat berat dapat digunakan dengan cara yang tepat. Pengecekan-pengecekan seperti kepadatan tanah, tekstur permukaan dan berbagai hal lainnya bisa menjadi bahan pertimbangan operator saat mengoperasikan alat berat tersebut.

Itulah keempat tips praktikal untuk menggunakan alat berat. Sangat mudah, bukan? Pastikan keempat tips ini dipraktekkan agar proyek bisa berjalan lancar dan juga minim resiko, ya! Selamat bekerja!

One comment

  1. […] BACA JUGA :  4 Tips Praktikal untuk Menggunakan Alat Berat […]

    Reply

Write a Reply or Comment

WhatsApp chat