5 Cara Mengurangi Biaya Pengoperasian Alat berat

25 Feb

5 Cara Mengurangi Biaya Pengoperasian Alat berat

Pemilik bisnis yang menggunakan alat berat biasanya akan menghabiskan waktu memikirkan cara untuk mengurangi biaya pengoperasian alat berat. Terlepas dari tugas apa pun yang sedang dikerjakan, perhatikan berbagai hal berikut yang dapat meminimalisir biaya pengoperasian alat berat:

1. Efisiensi Pengoperasian Alat Berat

Pastikan semua keperluan untuk mengoperasikan alat berat sudah siap terlebih dahulu sebelum pengoperasian dimulai. Pengecekan area atas dan bawah, kesiapan tim, attachment pada alat berat dan juga kondisi alat berat harus dicek dengan seksama. Hal-hal lain seperti steril area sekitar proyek dan juga briefing untuk setiap pekerja juga harus dipastikan berjalan dengan lancar sebelum pengoperasiannya dimulai.


2. Memaksimalkan Produktivitas Alat Berat

Agar produktivitas alat berat dan attachmentnya tetap tinggi, pastikan Anda dan tim selalu melakukan pengecekan, perawatan rutin dan juga perbaikan pada setiap bagian alat berat yang dibutuhkan sebelum mengoperasikannya. Selain itu, cek juga area-area proyek yang harus dikerjakan agar jadwal pengerjaannya bisa direncanakan terlebih dahulu dengan baik sebelum pengerjaan proyek dimulai. Pastikan operator dan timnya mengerti betul area proyek sehingga penggunaan alat berat bisa maksimal.

3. Memperpanjang Masa Pakai Alat Berat

Serupa dengan menjaga produktivitas, penting untuk menjaga alat berat dan attachmentnya berada dalam kondisi prima. Jangan pernah melewatkan jadwal pengecekan dan perawtan rutin dan hindari juga menunda perbaikan pada bagian alat berat yang terlihat bermasalah. Hal tersebut bisa memperpendek masa pakai alat berat tanpa Anda sadari.

4. Mencegah Penghentian yang Tidak Direncanakan

Terkadang ada beberapa hal yang terjadi di lapangan yang menyebabkan kegiatan proyek yang sedang berjalan harus dihentikan sementara waktu. Hal-hal seperti kerusakan mesin, berubahnya cuaca, dan juga kecelakaan karena kesalahan pengoperasian bisa menjadi salah satu penyebab penghentian pengerjaan proyek yang tidak direncanakan. Anda bisa meminimalisir hal tersebut dengan melakukan perawatan alat berat dan attachment secara rutin, mengecek ramalan cuaca dan menggeser jam kerja bila diperlukan, serta merekrut operator yang berpengalaman sehingga minim kecelakaan yang terjadi karena kesalahan pengoperasian.


5. Menjaga Produktivitas Pekerja

Bukan hanya alat berat dan juga attachmentnya yang membutuhkan perhatian Anda, namun juga setiap pekerja proyek. Setiap pekerja memberikan tenaga, perhatian dan waktunya untuk mengerjakan sebuah proyek. Alangkah baiknya jika mereka juga menerima waktu istirahat yang cukup dan juga sharing pengetahuan seputar proyek yang dilakukan secara rutin sehingga para pekerja bisa menjadi produktif dengan terus berinovasi untuk dapat menyusun pola kerja proyek yang efektif dan aman untuk berbagai pihak.

Jika Anda bisa meningkatkan produktivitas, menekan downtime, dan juga menjaga kondisi alat berat beserta attachmentnya agar selalu dalam kondisi prima, maka biaya pengoperasian alat berat pun bisa berkurang dengan sendirinya. Silakan coba 5 cara di atas dan buktikan sendiri apakah biaya pengoperasian alat berat Anda bisa menurun. Selamat mencoba!

Write a Reply or Comment

WhatsApp chat