5 Tips untuk Mengoperasikan Alat Berat Pada Saat Hujan

25 Feb

5 Tips untuk Mengoperasikan Alat Berat Pada Saat Hujan

Andai cuaca setiap harinya dapat diprediksi dengan tepat dari jam ke jam, pasti Anda dapat merencanakan jadwal pengerjaan proyek dengan lebih baik. Namun sayangnya hal ini belum dapat dilakukan sehingga cuaca seringkali menjadi tantangan tersendiri bagi Anda dan kru untuk dapat mengerjakan proyek tetap waktu dalam kondisi cuaca yang berubah-ubah.

Di sisi lain, meski pun deadline harus ditepati, tentu bukan berarti Anda jadi membiarkan nyawa kru Anda berada dalam resiko karena harus tetap melanjutkan pekjeraannya di saat cuaca tidak baik. Salah satu cuaca yang sering kali dianggap remeh oleh sebagian besar orang adalah hujan. Padahal, hujan yang cukup deras bisa menjadi rintangan tersendiri bagi kru Anda, terutama operator alat berat.

Bukan hanya banyaknya debit air yang turun, namun juga area proyek yang menjadi becek dan cenderung licin membuat operator alat berat harus menjadi ekstra hati-hati saat mengoperasikan alat berat. Jika hujan yang turun terlalu lebat, bahkan akan menjadi lebih baik jika pengoperasiannya ditunda hingga hujan benar-benar berhenti karena hujan yang terlalu lebat juga bisa menyebabkan sulitnya melihat area kerja dengan jelas dan membuat tanah menjadi lebih lembek.

Meski begitu, perusahaan harus tetap dapat mengupayakan bagaimana caranya agar proyek tetap dapat dikerjakan dalam keadaan hujan tanpa harus membahayakan nyawa pekerjanya. Berikut ada beberapa strategi yang bisa untuk mengoperasikan alat berat dan melanjutkan pengerjaan proyek selagi musim hujan melanda:

1. Bergeraklah dengan Hati-Hati

Meski cuaca menuntut kita untuk menyelesaikan pekerjaan lebih cepat dari biasanya, ini bukanlah hal yang mudah. Karena hujan menyebabkan permukaan yang licin, bekerja dengan lebih perlahan dan fokus, dengan begitu satu demi satu pekerjaan bisa selesai tanpa harus mengorbankan keselamatan kru.

2. Gunakan Perlengkapan yang Tepat

Jangan menggunakan alat dan perlengkapan elektrik yang tidak diciptakan khusus untuk penggunaan luar ruang ketika berhadapan dengan hujan. Pilih pegangan yang bertekstrur sehingga tidak licin dan membahayakan. Selain itu, pastikan bagian luar kabel-kabel berada dalam kondisi yang baik untuk menghindari korsleting akibat pengguanaan barang elektrik selagi hujan.

3. Gunakan Perlengkpan Hujan yang Aman

Pastikan bahan perlengkapan hujan yang digunakan sesuai dengan ukuran tubuh dan dapat digunakan dengan nyaman dalam waktu yang lama sehingga tidak mengganggu pergerakan selagi bekerja.

Pastikan kru Anda juga menggunakan alas kaki bersol tebal dengan benang yang dalam untuk mencegah tergelincir. Selain itu, pastikan juga bagian bawah celana kru Anda melebihi sepatu atau boot yang digunakan sehingga air hujan tidak masuk ke dalam sepatu dan mengganggu pekerjaan.

4. Jaga Agar Area Penglihatan Tetap Baik

Gunakan helm dan kacamata kerja ketika Anda harus keluar ruangan ketika hujan melanda untuk menghindari cipratan air hujan yang masuk ke mata. Selain itu, berhati-hatilah ketika harus ke luar ruangan karena kondisihujan akan mengurangi jarak pandang Anda. Akan jauh lebih baik jika Anda memiliki lampu tambahan di luar ruang sehingga jalanan menjadi lebih jelas terlihat ketika langit gelap.

5. Pastikan Anda dapat Terlihat

Gunakan pakaian dengan visibilitas tinggi, terutama pada area dengan lalu lintas kendaraan dan alat berat yang tinggi. Jangan menggunakan perangkat hujan atau rompi yang sudah usang dan tak lagi memantulkan cahaya. Selain membahayakan diri, orang lain juga akan merasakan kesulitan ketika mencari Anda.

 

Mengoperasikan alat berat selagi hujan memang bukan hal yang mudah. Dibutuhkan kehati-hatian dan juga kecermatan setiap kru di lapangan. Pastikan Anda merekrut kru dan operator alat berat yang memiliki kualifikasi yang baik dan menggunakan alat berat serta attachment yang berkualitas baik seperti attachment dari T&H Indonesia untuk bekerja di musim hujan.

Write a Reply or Comment

WhatsApp chat