7 Cara untuk Menjaga Agar Alat Berat Selalu dalam Keadaan Prima – Bagian 1

25 Feb

7 Cara untuk Menjaga Agar Alat Berat Selalu dalam Keadaan Prima – Bagian 1

Dalam industri konstruksi dan penghancuran, alat berat bisa dianggap sebagai tulang punggung pada pengerjaan kontruksi, penambangan, penebangan, agrikultur, dan sebagainya. Tanpa alat berat seperti bulldozersforklifts, dan backhoes (beko), pekerja dalam industri ini sepertinya tidak dapat menyelesaikan pekerjaan mereka.

Meski alat berat adalah alat yang sangat kuat dan lincah, mereka juga bisa rusak, turun mesin dan mengalami kerusakan pada bagian lainnya. Sesuai dengan ukuran dan kompleksitas dari alat berat, perbaikan karena kerusakan kecil pun bisa dibandrol dengan harga tinggi. Untungnya, Anda bisa meminimalisir perbaikan alat berat dengan menaati aturan dan menjalankan kegiatan preventif berikut untuk menjaga alat berat agar selalu dalam keadaan prima:

1. Lakukan Pembersihan Rutin

Salah satu solusi paling mudah untuk merawat alat berat adalah dengan menjaga agar alat berat selalu dalam keadaan bersih. Berbagai material yang seringkali bersentuhan langsung dengan alat berat Anda seperti lumpur, kotoran dan debu dapat menyumbat filter dan ventilasi sehingga berpotensi untuk merusak komponen elektrik. Selain itu, elemen-elemen tersebut juga dapat mempercepat proses karat dan juga kerusakan secara keseluruhan dari waktu ke waktu.

Atur jadwal pembersihan alat berat Anda untuk menghilangkan lumpur yang sudah mengeras dan sisa-sisa pelumasan. Namun, buat juga jadwal terpisah untuk prosedur pembersihan tambahan seperti penggantian saringan dan pembersihan mesin Anda.

2. Lindungi Elektronik dan Kabel-Kabel
Selain debu, air, lumpur dan elemen lainnya, ada hal yang tidak kalah penting untuk Anda perhatikan yakni komponen elektrik yang ada pada alat berat Anda seperti kabel dan sirkuit listrik.

Meski mereka berada dalam keadaan tertutup, pastikan kondisi kabel dan sirkuit listrik berada pada kondisi yang baik dan sudah cukup terlindung dari air, debu, dan kondisi lingkungan lainnya yang dapat berpotensimembuatnya rusak.

Selain itu, perhatikan juga bagaimana starter, alternator, dan berbagai bagian elektrik penting pada alat berat bekerja. Ketika komponen elektrik tersebut rusak, butuh biaya yang tidak sedikit untuk memperbaikinya, lho!

3. Melakukan Pelumasan Secara Rutin

Pelumas bisa menjadi hal penting untuk membantu memperpanjang umur mesin. Ada banyak bagian yang bergerak pada alat berat dan pelumas dapat membantu untuk mengurangi gesekan, meminimalisir kerusakan, dan menjaga semuanya berjalan dengan halus saat dioperasikan. Pelumas juga merupakan kunci untuk menjaga bagian dalam alat berat tetap bersih, karena dengan begitu juga bisa mengurangi jelaga yang terkumpul.

 

Menjaga keadaan alat berat agar selalu dalam keadaan prima memiliki berbagai manfaat; selain memperkecil budget untuk menjalankan perbaikan, keadaan alat berat yang selalu prima juga dapat membantu agar proyek Anda bisa selesai tepat waktu atau bahkan lebih cepat dari waktu yang ditentukan. Jalankan ketiga cara di atas secara rutin dan baca 4 cara lainnya pada artikel berikutnya. Selamat bekerja!

Write a Reply or Comment

WhatsApp chat