7 Cara untuk Menjaga Agar Alat Berat Selalu dalam Keadaan Prima – Bagian 2

25 Feb

7 Cara untuk Menjaga Agar Alat Berat Selalu dalam Keadaan Prima – Bagian 2

Setiap operator dan pekerja pada area konstruksi dan juga penghancuran tentu mengharapkan bisa bekerja menggunakan alat berat yang berada dalam kondisi prima. Selain dapat bekerja dengan lebih produktif, mengatur pergerakan alat beratnya pun bisa menjadi lebih mudah dan juga meminimalisir halangan yang disebabkan oleh kondisi alat.

Maka dari itu, yuk cek 4 cara berikut ini untuk menjaga alat berat agar selalu dalam keadaan prima!

4. Cek Ban Secara Rutin

Ban yang kempes atau as yang rusak pada alat berat sangatlah sulit untuk diperbaiki. Maka dari itu alangkah lebih baik jika Anda dapat mencegah kerusakannya. Minimalisir dan deteksi sedari dini kerusakan pada jalur ban dengan mengecek kondisi ban Anda secara menyeluruh secara rutin. Terutama sebelum, selama dan setelah berjalan pada jalan yang berkerikil, berlumpur tebal dan kondisi jalan ekstrim lainnya. Ingat bahwa benang yang rusak pada ban dapat membahayakan dan menjadi problem serius nantinya.

5. Menyewa Tempat Penyimpanan Terpercaya

Sama seperti tubuh kita yang membutuhkan rumah, alat berat juga membutuhkan rumah yang layak. Maka dari itu dibutuhkan sebuah tempat penyimpanan yang bukan hanya cukup luas, namun juga terpercaya untuk memberikan perlindungan alat berat dari cuaca ekstrim, sinar matahari langsung, karat, korosi dan juga elemen lingkungan lainnya.

Setiap kali alat berat selesai digunakan, Anda perlu memasukannya kembali ke tempat penyimpanan. Terlebih lagi ketika sebuah proyek sudah selesai, Anda tentu tidak boleh membiarkannya tergeletak di area terbuka begitu saja. Dengan menyewa tempat penyimpanan yang terpercaya di sekitar area proyek, maka akan memudahkan Anda untuk mengeluarkan dan menyimpan alat berat kembali tanpa rasa khawatir.

6. Ketahui Batas Maksimal Alat Berat

Apakah buku panduan penggunaan dari pabrik alat berat masih Anda miliki? Inilah saatnya untuk membuka dan membaca kembali buku tersebut.

Dalam rangka menjaga agar kondisi alat berat tetap prima, Anda harus memastikan bahwa Anda tidak menggunakan alat berat melebihi kapasitasnya, terutama perihal kapasitas muatan maksimal yang bisa diangkut alat berat Anda adalah penting.

Penggunaan alat berat melebihi kapasitasnya bisa menjadi masalah yang dapat membuat mesin alat berat menjadi terlalu panas dan mengakibatkan kerusakan fungsi.

7. Simpan Dokumentasi Detail

Dokumentasikan segala kegiatan harian, bulanan, tahunan dan juga kegiatan perawatan serta perbaikian alat berat Anda. Dokumentasi ini meliputi tanggal, catatan spesifik bagaimana performa alat berat Anda dan juga fotonya. Simpan dokumentasi detail ini secara rapih sehingga bisa dijadikan bahan rujukan ketika terjadi penurunan performa atau bahkan kerusakan.

Susun dokumentasi ini berurutan dari waktu ke waktu sehingga Anda bisa mengamati seberapa sering alat berat Anda diperbaiki, apakah ada perbaikan yang dilakukan berulang kali, dan jika ada perbaikan yang memiliki masa garansi. Tipe informasi ini dapat membantu Anda untuk mengetahui penyebab umum dari kerusakan atau kegagalan bagian sehingga Anda bisa mengambil langkah yang tepat.

Alat berat adalah investasi yang besar, maka dari itu harus diperlakukan sebagaimana Anda memperlakukan investasi besar Anda lainnya. Dengan memperpanjang masa pakai dan menjaganya agar selalu dalam kondisi prima, Anda akan meraih keuntungan dari investasi ini. Selain itu, jika Anda dapat merawat alat berat dengan baik, harga jual kembalinya pun juga akan tetap terjaga. Jadi, jalankan terus perawatan alat berat Anda secara rutin agar performanya selalu baik dan kondisinya selalu dalam keadaan prima!

Write a Reply or Comment

WhatsApp chat