7 Strategi Mengoptimalkan Durasi Kerja Alat Berat – Bagian 1

22 Jan

7 Strategi Mengoptimalkan Durasi Kerja Alat Berat – Bagian 1

Menggunakan alat berat secara maksimum adalah harapan seluruh pemilik alat berat. Dengan begitu, alat berat Anda akan memiliki waktu pengoperasian lebih banyak. Anda bisa memiliki fleksibilitas dalam mengatur budget untuk mengerjakan kontrak kerja berikutnya dan juga memberikan opsi untuk merekrut tim yang lebih besar atau handal. Anda dan tim Anda bisa mengerjakan lebih banyak proyek dan mendapatkan keuntungan lebih besar.

Jika Anda mencari cara untuk meminimalisir waktu istirahat dan mengoptimalkan durasi kerja alat berat, 7 strategi berikut dapat membantu Anda:

1. Jaga Agar Peralatan Anda Agar Selalu Prima

Dengan mengecek mesin sebelum pengoperasian, Anda tidak perlu khawatir dengan kegagalan mesin. Memang ada beberapa hal yang berada di luar kontrol Anda – seperti kerusakan pada sistem hidrolik yang tidak terduga – namun jika Anda mengabaikan perawatan perlengkapan rutin, yang salah adalah Anda.

Kerusakan karena pemakaian rutin juga dapat menyebabkan kecelakaan di suatu waktu nanti. Bagaimana pun, semakin serius masalah maka akan lebih mudah diperbaiki jika Anda menemukanya sebelum mereka memberikan dampak lain pada peralatan Anda. Jangan lupa untuk melakukan pengecekan rutin pada tanda-tanda perawatan atau perbaikan alat berat yang mahal:

– Retakan halus pada bingkai dan sepanjang las

– Pantau, tandai dan pasang kembali ban

– Lubang kecil, star-breaks dan retakan pada windshields

– Ember yang haus

– Gigi penggali dan bucket pins

Latih tim Anda untuk menggunakan alat berat secara benar. Kapan pun memungkinkan, lakukan perawatan alat berat di tempat daripada di toko. Jika dibutuhkan, buat sebuah rencana perawatan dan check list perbaikan kepada pekerja untuk menempatkan keadaan mesin sebagai prioritas.

2. Biarkan Penjual Menangani Perawatan Alat Berat Anda

Pada saat alat berat Anda mengalami kerusakan, usahakan memilih mekanik atau tukang servis yang tepat untuk alat berat Anda. Anda bisa menghubungi penjual alat berat Anda karena biasanya mereka menawarkan paket perawatan tertentu kepada kliennya. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari masalah perbaikan yang menyusahkan seperti waktu perbaikan yang lama dan perbaikan yang riskan karena kemungkinan pergantian penyaring minyak, udara dan bagian penting lainnya dengan kualitas yang buruk.

Anda juga bisa mengawasi perawatan rutin alat berat dengan menyediakan daftar panjang perawatan opsional untuk menjaga durasi kerja agar tetap panjang. Memilih rencana perawatan yang ditawarkan penjual memastikan bahwa berbagai komponen di dalam alat berat Anda dirawat, dibersikan dan diganti sesuai kebutuhan. Penjual mengetahui setiap titik dan hal terkecil pada alat berat Anda, tentunya mereka tahu apa yang terbaik untuk alat berat Anda.

Mungkin mereka bukanlah pilihan paling terjangkau, namun mereka akan melakukan perbaikan-perbaikan dengan lebih efektif. Ketika alat berat Anda semakin tua dan perbaikan mesin menjadi lebih mahal daripada alat berat baru, penjual akan memberikan opsi yang terbaik untuk Anda. Cobalah untuk mengecek tempat jual beli alat berat bekas yang mungkin cocok untuk Anda.

Menjaga hubungan dengan penjual akan memudahkan Anda untuk meminjam alat berat yang disewakan ketika alat berat Anda sedang dalam perbaikan – atau coba untuk mencoba mesin baru mereka.

3. Memungkinkan Komunikasi yang Efektif dalam Tim

Jika muncul masalah antara Anda dengan vendor, seberapa cepat pekerja Anda akan menghubungi atasannya? Seberapa cepat Anda akan mengetahuinya?

Tanpa arus informasi yang jelas dan mudah, waktu produktif Anda pun bisa menjadi tidak bermanfaat. Kekurangan bahan, adanya penundaan dan perbaikan mesin dapat menjadi 2x lebih lama untuk diperbaiki ketika tidak ada orang yang dapat menghubungi seseorang yang bisa menyelesaikannya.

Susun rencana komunikasi yang tepat. Pekerja yang ada di bawah struktur organisasi akan menjadi pelapor pertama setiap kali mereka menemukan masalah yang bisa berdampak pada tidak produktifnya mesin. Pastikan mereka mengetahui kontak penting orang pertama dan kedua. Pekerjaan kecil seperti perbaikan hidrolik atau filter udara yang tersumbat, tidak akan mengenyampingkan pekerja jika orang yang tepat mengetahuinya ketika hal itu terjadi.

Alat komunikasi saat ini juga sudah semakin bervariasi dan mudah digunakan pekerja. Berinvestasilah pada tablet atau telepon yang dapat mengumpulkan email dan kontak vendor serta pemilik lahan di tempat, sehingga pekerja menghabiskan waktu yang lebih sedikit dan bisa lebih fokus pada pekerjaannya. Cari kotak peralatan yang tahan air dan debu, atau kotak yang dapat digunakan dengan sarung tangan.

 

Membeli alat berat adalah keputusan investasi yang tidak main-main. Tidak heran jika para pemiliknya, termasuk Anda, menginginkan durasi kerja yang lebih panjang tanpa mengalami kerusakan pada alat berat. Tiga strategi di atas merupakan cara yang bisa Anda coba untuk memaksimalkan durasi kerja alat berat yang Anda miliki. Anda bisa mengecek 4 strategi lainnya pada artikel berikutnya. Selamat mencoba!

 

Write a Reply or Comment

WhatsApp chat