Tips Keselamatan untuk Operator Alat Berat – Bagian 2

25 Feb

Tips Keselamatan untuk Operator Alat Berat – Bagian 2

Pada artikel sebelumnya, kami sudah membagikan 5 tips keselamatan yang bisa dijalankan oleh operator alat berat saat mengoperasikan alat beratnya. Namun, masih ada 5 tips lagi yang bisa dijalankan agar keselamatan operator dan juga kru di area kerja bisa dalam keadaan aman dan bekerja dengan produktif.

6. Lakukan Pengecekan di Sekitar Area Kerja Sebelum Mulai Bekerja

Sebelum mulai bekerja, lakukan pengecekan visual untuk kemungkinan benda penting yang ada pada bagian atas dan bawah; seperti kabel, jalur gas, dan juga hal-hal penting lainnya yang bisa rusak jika terkena alat berat. Semua hal penting tersebut harus diberi tanda sehingga Anda bisa mengenalinya ketika sedang mengoperasikan alat berat.


7. Hindari Menyalakan Alat Berat Tanpa Disengaja

Sebelum melakukan perawatan pada alat berat, pastikan kendaraan berada dalam keadaan mati/tidak mneyala, tidak dioperasikan atau bahkan diputuskan dari sumber daya. Dengan begitu, alat berat tidak akan bergerak tanpa disengaja karena menyalanya mesin pada alat berat.

8. Ketahui dan Mematuhi Batasan Muatan

Mengetahui batasan muatan untuk ukuran dan berat untuk pemasangan perangkat. Pastikan muatan sudah dipasang pada alat berat dengan menggunakan metode yang benar. Lakukan pengecekan visual pada ikatan untuk mengecek kerusakan secara berkala. Sebelum memindahkan muatan, pastikan pekerja sudah berada di luar area pengangkatan.

9. Lakukan Pengecekan Harian

Sebelum menggunakan alat berat setiap harinya, lakukan pengecekan. Gunakan sebuah kertas untuk membuat ceklis. Berjalanlah mengelilingi alat berat untuk mengecek apakah ada yang retak atau kabel yang terbuka, ketidak teraturan pada undercarriages, kebocoran cairan dan titik tekanan. Cek juga tingkatan cairan dan tekanan ban. Ketika ceklis sudah selesai, laporkan penemuan apa pun kepada pihak yang melakukan perawatan.

10. Kenali Batasan Fisik dan Emosional Anda

Kita semua memiliki kemampua fisik, mental, dan emosioanl yang berbeda, dan kemampuan ini akan berubah seiring dengan bertambahnya umur dan pengalaman. Untuk keselamatan Anda dan keselamatan dari rekan kerja Anda, jangan pernah menempatkan diri Anda dalam situasi di mana Anda mengerjakan tugas yang tidak sesuai dengan kemampuan fisik, mental ataupun emosional Anda. Sampaikan apa yang Anda rasakan. Berikan perhatian ekstra pada situasi kerja yang penuh dengan tekanan. Minta isntruksi yang lebih jelas atau bahkan minta operator lain yang lebih berpengalaman untuk menyelesaikan bagian tertentu pada pekerjaan tersebut.

Sangatlah penting untuk datang bekerja dalam keadaan terjaga, tenang, produktif dan optimis. Pekerja yang tertekan, terdistraksi, depresi atau marah biasanya membuat keputusan yang buruk, sehingga bisa menyebabkan insiden atau luka yang fatal. Jika Anda membutuhkan bantuan, mintalah kepada supervisor Anda. Jadilah bagian dari lingkungan kerja yang positif dan produktif untuk menghindari kecelakaan kerja.

 

Itulah 10 tips keselamatan lain yang bisa dijalankan oleh operator sehingga keselamatan kerja bisa tetap terjaga. Semoga tips-tips ini bermanfaat dan membuat Anda beserta kru bekerja tanpa rasa takut dan juga produktif. Selamat bekerja!

Write a Reply or Comment

WhatsApp chat